Home / indonesia / Umat Muslim Bali Persiapkan Shalat Gerhana Saat Nyepi

Umat Muslim Bali Persiapkan Shalat Gerhana Saat Nyepi

Sebentar lagi, Indonesia memang akan mengalami sebuah fenomena langka yakni Gerhana Matahari Total yang mana fenomena ini akan bisa dilihat secara sempurna di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Banyak masyarakat yang antusias dalam menyambut datangnya GMT ini, seperti halnya yang dilakukan oleh umat muslim yang ada di Bali dimana mereka semua dikabarkan melakukan Shalat gerhana.

Gerhana Matahari yang diyakini bakal terjadi hari Rabu 9 Maret 2016 esok ini memang bertepatan dengan Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka ke 1938. Kendati begitu umat muslim di Bali tetap diperbolehkan untuk melangsungkan Salat Gerhana di masjid terdekat yang ada di rumah mereka.

Kabar ini dilaporkan oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali, yakni I Gusti Ngurah Sudana pada harian Kompas.com. Ada sejumlah ketentuan meang yang harus dilakoni seperti kesepakatan dalam rapat koordinasi dengan pihak terkait antara lain yakkni Majelis Utama Desa Pakraman, MUI Bali, Forum Komunikasi Antar Umat Beragama, aparat keamanan serta pihak umat muslim disanna.

“Seperti rapat yang dilakoni oleh berbagai pihak terkait, telah diperbolehkan untuk menjalankan ibadah Shalat Gerhana ketika perayaan Nyepi. Lakukan masjid yang terdekat disekitar rumahnya, tak diperkenankan memakai pengeras suara ataupun mengendarai kendaraan,” ujar I Gusti Ngurah Sudana, saat ditemui di Denpasar, hari Sabtu(5/03/2016) kemarin.

About admin