Home / peristiwa / Susi Akan Bom 700 Kapal Eks Asing Kalau tetap Berulah

Susi Akan Bom 700 Kapal Eks Asing Kalau tetap Berulah

Beberapa tahun terakhir ini, Indonesia memang memperketat penjagaan batas laut yang kerap kali laut Indonesia dijajah oleh kapal negara asing. Menteri terkait pun juga sudah beberapa kali menenggelamkan kapas asing yang nekat masuk dalam perairan Indonesia dan laporan terkini ada 700 kapal yang siap ditenggelamkan oleh pemerintah.

Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan, menyebut bahwa ada sebanyak 700 kapal nelayan bekas asing berbendera Indonesia yang menetap di perairan Tanah Air. Kapal-kapal itu tak mampu menangkap ikan lantaran dilarang untuk beroperasi.

Kementerian Kelautan dan Perikanan juga sudah mengizinkan kapal eks asing kembali ke negara asalnya tapi dengan syarat yang ditentukan. “Boleh tanggalkan kewarganegaraan benderanya keluar dari Indonesia, usai selesai membayar kemajiab tertunggak mereka,” ujar Susi di KKP, Jakarta, hari Selasa (5/4/2016) siang tadi.

Tapi, opsi melepas kapal eks asing itu tidak berlaku kalau pemilik kapal melakoni sejumlah aksi provokasi. Apalagi ratusan kapal itu selama bertahun-tahun membajak ikan dari perairan Indonesia dengan alat tangkap tak ramah lingkungan, dan tak melakoni pelaporan jumlah tangkapan sampai tak membayar pajak.

About admin