Home / indonesia / Sudah Import, Rendemen Pabrik Tebu BUMN Masih Rendah

Sudah Import, Rendemen Pabrik Tebu BUMN Masih Rendah

Sudah Import, Rendemen Pabrik Tebu BUMN Masih Rendah – Petani tebu masihlah mengeluhkan rendahnya rendemen yg dicapai dari pabrik gula punya beberapa BUMN. Tingkat rendemen masihlah saja ada di kisaran 6%.

Meski sebenarnya pemerintah menjanjikan rendemen dapat naik, sesudah BUMN pengelola pabrik gula diberikan izin impor gula mentah jumlah 381. 000 ton tahun yang lalu.

Ketua Umum Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Sumitro Samadikoen, menuturkan petani tebu rata-rata terima rendemen dari pabrik gula di kisaran 6%. Bahkan juga di lebih dari satu pabrik gula rendemennya masihlah ada di kisaran 5%.

” Dahulu janjinya rendemen dapat 8, 5% seandainya diizinkan impor gula mentah. Kami udah mengira ini tak rasional, bakalan tidak terwujud rendemen setinggi itu dengan dikasihkan impor, ” terang Sumitro pada detikFinance, dijumpai di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (9/1/2017).

” Lantaran pada impor gula mentah dengan penambahan rendemen tak nyambung. Seandainya pengen menaikkan rendemen ya itu mesin-mesin pabrik gula peninggalan Belanda diremajakan, atau untuk pabrik gula baru. Buktinya pabrik gula swasta saja dapat kasih rendemen yg tinggi untuk petani, zaman BUMN tdk, ” tuturnya.

Sebagai info, rendemen tebu sendiri merupakan takaran kandungan gula didalam batang tebu yg dinyatakan dengan prosen. Seandainya di sebutkan rendemen tebu 10%, punya arti yakni kalau dari 100 kg tebu yg digilingkan di Pabrik Gula bakal dicapai gula jumlah 10 kg.

Tidak cuman problem rendemen yg masihlah saja rendah, lanjut Sumitro, petani juga mengeluhkan naiknya biaya tebang serta angkut tebu dari area ke penggilingan pabrik gula.

” Naiknya bahkan juga berlipat ganda. Seandainya dahulu cost tebang serta angkut itu pada Rp 12. 000-15. 000/kuintal, saat ini naiknya Rp 30. 000/kuintal, bahkan juga di lebih dari satu pabrik gula ada yg hingga Rp 40. 000/kuintal. Udah cost tebang serta angkut mahal, rendemen masihlah saja rendah, udah saat harga gula jatuh. Lelang gula petani tahun yang lalu petani cuma sanggup 10. 500-11. 500/kg, ” tandasnya

About admin