Home / berita umum / Seribu Anak Yatim di Banyuwangi Berkumpul di Acara FAY 2018

Seribu Anak Yatim di Banyuwangi Berkumpul di Acara FAY 2018

Seribu Anak Yatim di Banyuwangi Berkumpul di Acara FAY 2018 – Seribu anak yatim dari 25 kecamatan di Banyuwangi bergabung di Pendopo Shaba Swagata. Acara yang bertopik Festival Anak Yatim (FAY) 2018 itu, jadi peristiwa bahagia buat mereka.

“Kami ingin, pada kesempatan kali ini, semua anak yatim dapat berbahagia. Kita sediakan bermacam permainan serta masakan gratis buat mereka,” papar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas waktu buka acara, Sabtu (15/9/2018) sore.

Festival yang diselenggarakan setiap bulan Muharam itu, menyengaja digelar dengan memberi peluang pada anak-anak untuk bermain. Ada bermacam permainan yang disiapkan. Seperti trampolin, kereta barah, kiddy ride, ghost rade, rave racer, basket sampai scooter matic serta scooter jungkit.

Diluar itu, juga diperlengkapi bermacam minuman dan makanan yang disukai anak-anak. Dari mulai bakso, batagor, mie ayam, pangsit, gado-gado, soto, es degan, es dawet, es buah sampai bermacam jajanan yang lain.

Walau demikian, pada acara itu, juga jadi arena buat anak-anak yatim berprestasi untuk unjuk kemampuan. Seperti Habib Sona al-Wafa sebagai qori’, si kembar Sena serta Saka yang mahir bermain pencak silat, dan Nurul Hidayati yang membacakan sari tilawah.

“Anak yatim ini mesti dikasih panggung serta peluang supaya tumbuh kepercayadirian mereka. Menumbuhkan perasaan yakin diri ini, terpenting buat mereka. Sebab hal itu, akan dapat menggerakkan mereka untuk mencapai harapan, walau tiada dampingan orangtua dengan cara langsung,” jelas Anas.

Diluar itu, Anas mengutarakan, arah dari mengadakan Festival Anak Yatim itu mempunyai tujuan untuk mengetuk ikut merasakan penduduk luas. Dengan uluran tangan banyak pihak, beberapa masalah yang perlu dijamin oleh anak-anak tiada orangtua itu, dapat teratasi.

“Mari kita lihat kanan kiri rumah kita. Yakinkan tidak ada anak yatim yang tidak dapat makan, tidak dapat sekolah, atau alami kesulitan. Mereka semua ialah tanggungjawab kita,” ajaknya.

Di kesempatan itu, Anas juga menyerahkan beasiswa untuk anak yatim berprestasi sebagai program dari Pemda Banyuwangi. Pada tahun ini, pemerintah menggelindingkan beasiswa spesial anak yatim sebesar Rp 15 miliar. Tiap-tiap tahun ada seputar 300 anak yatim yang terima beasiswa dari pemerintah.

“Beasiswa anak yatim serta beasiswa pendidikan yang lain selalu kami gulirkan untuk memberi agunan hari esok buat anak-anak daerah,” kata Anas.

Bahkan juga, Anas juga memberi penawaran spesial buat anak yatim yang sudi tinggal di tempat tinggal pribadinya. Semua cost kehidupan serta sekolahnya, akan ia tanggung dengan pribadi.

About admin