Home / Uncategorized / Scarborough Shoal Si Pembuat Konflik

Scarborough Shoal Si Pembuat Konflik

Ketegangan dalam kawasan Laut China Selatan kala saat ini di jalani Filipina dan China usai adanya putusan dari Pengadilan Arbitrase Internasional memang kedepata kalau belum juga mereda. Dimana  ketegangan kini mampu dipicu kala beberapa kapal dari China kedepatan mendekat dalam Scarborough Scoal.

Pihak Akademisi Hukum Konstitusi Internasional, bernama Julian Ku, mampu berkata kalau Scarborough Shoal saat ini memang jadi wilayah di LCS kala dalam beberapa tahun lalu sudah mampu memicu ketegangan dalam kedua negara itu.

“Keseluruhan masalah persengketaan pihak China dan Filipina memang sudah ada di beberapa tahun lalu dan ini bermula akan adanya Scarborough Shoal, kala jaraknya sejauh 140 mil dari sisi daratan Filipina. Mengingat , Filipina memang meyakini jika wilayah ini juga masih termasuk dalam dalam Zona Ekonomi Eksklusif di wilayah negaranya,” ungkap Julian ke media.

“Dalam sebelumnya, Filipina memang berargumen dan tak ada raksi. Tapi karena sudah dianggap kalau melanggar kedaulatan, maka Filipina akan membawa kasus ini dalam pengadilan internasional. Dimana ¬†Scarborough salah satu terumbu karang, dan bukan gugusan yang sangat memiliki potensi ekonomi tinggi serta juga kaya akan sumber daya dalam segi maritim mereka,” imbuh Julian.

About admin