Home / unik / Peneliti Mengungkap, Bahwa Mengurus Anak Bikin Manusia Jadi Pintar

Peneliti Mengungkap, Bahwa Mengurus Anak Bikin Manusia Jadi Pintar

Sebagaimana yang diketahui, bahwa mengurus anak memang sudah menjadi kodrat bagi orang tua. Selain menjadi kodrat, ternyata merawat bayi juga mendatangkan manfaat bagi para orang tua ang mengurus bayinya dengan tangan mereka sendiri. Sebuah penelitian menyatakan, bahwa mengurus bayi mendorong manusia menjadi lebih pintar.

Adalah Dr Celeste Kidd beserta timnya dari Departemen Brain and Cognitive Sciences, dari University of Rochester, kota New York mengungkap bahwa manusia dapat menjadi kian pintar sebab ia harus mengurus bayinya yang memang sangat ‘tak berdaya’ ketika baru dilahirkan.

Tak sama dengan mamalia pada lazimnya yang dapat langsung berdiri serta berjalan usai mereka lahir, primata semaca gorila, simpanse serta juga manusia yang baru lahir atau bayi belum dapat melakukan apa-apa. Bahkan ketika lahir, otak bayi manusia merupakan yang paling kecil ketimbang primata lain di dunia.

“Kalau bayi dibiarkan terlalu lama di dalam rahim agar otaknya betul-betul sempurna, justru otaknya terlalu besar serta ia akan menjadi sulit dilahirkan. Karenanya mereka dilahirkan dalam kondisi otak yang sangat prematur,” kata Kidd. “Ini tak dapat ditemukan di primata lain namun amat berguna saat manusia harus mengurus bayi yang belum mampu bicara sampai bisa bebuat apa-apa dalam beberapa waktu. Ini membuat mansuia menjadi pintar,” tambahnya.

About admin