Home / Uncategorized / Obama Umumkan Pecabutan Embargo Senjata Saat Berkunjung ke Vietnam

Obama Umumkan Pecabutan Embargo Senjata Saat Berkunjung ke Vietnam

Sudah hampir setengah abad ini, Amerika Serikat memang memberi sanksi embargo senjata kepada Vietnam. Namun, sejarah hari ini membukukan bahwa AS secara resmi telah mencabut embargo senjata terhadap negara Vietnam tersebut usai Obama berknjung ke Vietnam beberapa hari yang lalu.

Dalam lawatannya ke Vietnam, Barack Obama selaku Presiden Amerika Serikat menyatakan soal pencabutan embargo senjata. Pencabutan embargo ini menjadi saat yang bersejarah untuk pemberlakuan embargo senjata kepada Vietnam sejak setengah abad belakangan ini.

“Pemerintah AS resmi mencabut secara penuh larangan penjualan senjata untuk Vietnam, yang sudah terjadi selama 50 tahun terakhir ini,” kata Obama disaat konferensi pers gabungan dengan Presiden Vietnam yakni Tran Dai Quang, sebagaimana yang dilansir dari harian aAFP, hari Senin (23/5/2016) kemarin.

Baik dari kubu AS ataupun Vietnam sama-sama merasa khawatir dengan kemajuan militer China di kawasan Laut China Selatan yang jadi daerah sengketa. Tapi Obama memastikan, bahwa pencabutan embargo senjata ini tak tergabung dari kekhawatiran mengenai China yang mengklaim daerah perairan sengketa di Laut China Selatan tersebut. “Keputusan untuk menyudahi embargo senjata tak berdasarkan pada China… namun pada tekad kami untuk merampungkan proses panjang ke jenjang normalisasi hubungan dengan pihak Vietnam,” tukas Obama.

About admin