Nikmati Sate Matang Khas Aceh

Nikmati Sate Matang Khas Aceh – Mendengar kata Aceh, tentu kamu juga akan ingat Mie Aceh. Walau sebenarnya Aceh miliki masakan ciri khas beda yang dapat kamu dapatkan di tepi jalan, Sate Masak.

Dinamakan Sate Masak bukanlah bermakna sate yang telah masak, tetapi diberi nama sesuai sama itu karna pada awalnya sate ini dikenalkan oleh penjualnya di Kota Masak Geulempang Dua, satu kota kecamatan di Kabupaten Bireuen.

Sekarang ini penjual Sate Masak bisa dengan gampang didapati seantero Aceh bahkan juga sampai ke Medan Sumatera Utara. Daging yang dipakai untuk sate ini awal mulanya adalah daging kambing, tetapi seiiring berjalannya saat banyak pula penjual yang memakai daging sapi

Saya memiliki kesempatan mencicipi sate ciri khas Aceh ini di dalam perjalanan dari Banda Aceh menuju kota kelahiran istri saya, Lhokseumawe.

Sebelumnya tiba di Lhokseumawe, Bapak mertua saya mengajak santan siang di satu diantara kedai yang sediakan menu Sate Masak. Kepulan asap dari tusuk sate yang tengah dipanggang menyongsong kami.

Sepintas Sate ciri khas Aceh ini nyaris serupa dengan sate di Indonesia biasanya, tetapi dalam sisi penyajian serta rasa-rasanya begitu berlainan serta begitu ciri khas. Bumbu yang dipakai untuk Sate Masak semakin banyak menggunakan rempah di banding sate umumnya.

Sistem pemrosesan Sate Masak nyaris sama juga dengan pemrosesan sate biasanya. Tetapi sebelumnya dibakar, potongan daging-daging sebelumnya ditusuk terlebih dulu ditempatkan didalam wadah untuk di rendam kedalam bumbu, hingga bumbunya dapat lebih meresap.

Sate Masak bukan sekedar dihidangkan dengan bumbu kacang saja, tetapi juga senantiasa dihidangkan dengan nasi serta kuah soto yang rasa-rasanya seperti kari.

Untuk kuah sotonya umumnya memakai kaldu kambing yang dibuat dengan bumbu spesial. Didalam kuah soto ini ada potongan kentang serta daging. Kuah soto ini rasa-rasanya gurih banget.

Kombinasi pada rasa sate serta kuah soto yang gurih hasilkan sensasi rasa yang ciri khas serta begitu memanjakan lidah. Satu tusuk Sate Masak yang sudah dicicip ditanggung akan buat ketagihan serta tanpa ada merasa seporsi sate semua sudah beralih kedalam isi perut.

Jadi untuk anda penggemar masakan yang tengah berjalan-jalan di Aceh, harus cobalah makanan ini, Sate Masak!