Kenapa pasta gigi anak harus dibedakan?

Untuk para ibu apakah kita menyamakan pasta gigi anak-anak dengan para keluarga yang lain di rumah? Sebetulnya pasta gigi anak harus dibedakan dengan pasta gigi orang dewasa, apalagi mereka yang belum dalam usia balita.

drg Suzanty Ariani, SpKGA, spesialis kesehatan gigi anak mengatakan, pada  umumnya anak-anak belum bisa berkumur dengan sempurna. Kadang kadang odol pun sering tertelan.

“Pasta gigi itu ada banyak macam ada pasta gigi untuk bayi atau batita yang belum bisa berkumur, ada untuk anak-anak, dan ada yang untuk dewasa. yang sering ditakutkan ada jumlah fluoride yang tertelan itu dalam jumlah besar,” kata dr Suzan saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan.

Jadi bila saja bayak fluoride yang tertelan, akan mengakibatkan terjadinya fluorosis. Oleh sebab itu, sangat penring untuk membedakan pasta gigi anak, sebab kandungan fluoride yang berbeda.

Dia mengatkan, pada pasta gigi anak kandungan fluoride paling banyak mencapai 500 ppm (part per million). Dan untuk dewasa kandungannya sampai 1500 ppm.