Home / Uncategorized / Kenaikan Ekonomi Provinsi Bali Sebesar 6,3 Persen Di tahun 2015

Kenaikan Ekonomi Provinsi Bali Sebesar 6,3 Persen Di tahun 2015

Sudah semestinya, bahwa besarnya pertumbuhan ekonomi di kota pariwisata akan lebih tinggi ketimbang kota yang bukan bermodel pariwisata. Seperti Kota Bali, dimana pertumbuhan ekonomi di kota tersebut cukup besar di setiap tahunnya. Namun, berapakah sebenarnya pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut?

Kantor BI (Bank Indonesia) kota Bali meprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Bali tahun 2015 lalu dikisaran 6,53 persen. Dewi Setyawati selaku Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Bali aat ditemui di Denpasar, hari Rabu (3/2/2016) lalu menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Bali disupport oleh beberapa faktor.

Ia meyakini, bahwa ada tiga faktor pendukung pertumbuhan di Porvinsi Bali. Yang pertama, Komitmen Pemda serta adanya dukungan APBD dan APBN seperti program akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung perekonomian. Selain itu alokasi pada anggaran, wujudan belanja serta aliran dana desa  juga kian membaik.

Yang kedua, pendapatan per kapita dari masyarakat Bali juga bertambah. Kini petani di Bali dapat menambah kuantitas produksi pertaniannya sebab didukung oleh adanya program Gerakan Pengelolaan Pertanian Terpadu. Dan yang ketiga, ialah bertumbuhnya kinerja ekspor. Ialah delapan paket deregulasi kebijakan yang sudah dibuat oleh pemerintah tahun 2015 lalu sudah mensupport kinerja ekspor bagi Provinsi Bali. “Jadi tiga hal itulah yang membuat pertumbuhan ekonomi terdorong, yakni Konsumsi pemerintah, Rumah Tangga serta besarnya ekspor ke luar negri,” kata Dewi.

About admin