Kebakaran Kilang Minyak di Yaman Diduga Memang Sengaja Dibakar

Kebakaran Kilang Minyak di Yaman Diduga Memang Sengaja Dibakar – Satu ledakan memicu kebakaran berlangsung di kilang minyak khusus punya Yaman di Kota Aden. Pemerintah ditempat mengira kilang minyak itu berencana dibakar.

“Hasil ledakan serta mungkin aksi sabotase yang disengaja,” kata petinggi ditempat, Sabtu (12/1/2019).

Kebakaran itu berlangsung pada Jumat (11/1) malam waktu ditempat. Sehabis berlangsung lekadakan, barah menjadi membesar serta merambat ke tangki-tangki yang lain di tempat itu.

Tangki-tangki itu adalah sumbangan dari Arab Saudi. Tapi, pemerintah Yaman belum juga mengatakan siapa pihak yang wajib bertanggungjawab atas moment ini.

“Pemadam kebakaran tengah kerja untuk menguasai barah serta menyudahi penyebarannya ke tangki-tangki penyimpanan di sampingnya, yang penuh dengan minyak serta diesel,” tutur petinggi itu.

Menyusul perkiraan sabotase itu, pemerintah Yaman langsung memberikannya pengamanan ketat di kurang lebih kilang minyak. Pasukan keamanan melarang beberapa orang yang ada di lokasi itu untuk pergi untuk kebutuhan penyidikan.

Pemerintah Yaman saat ini terpusat di kota pelabuhan selatan Aden sehabis digulingkan grup Houthi dari ibukota Sanaa pada 2014 kemarin. 1 tahun selanjutnya Kilang Aden rusak karena perlawanan pada pasukan pemerintah menantang pemberontak Houthi.

Kilang minyak itu pernah tak dioperasikan sepanjang 1 tahun. Situasi itu bikin lokasi sekelilingnya kekurangan bahan bakar serta pemadaman listrik.