Home / indonesia / Jika Rupiah Terlalu Perkasa, Ini Dia Akibatnya

Jika Rupiah Terlalu Perkasa, Ini Dia Akibatnya

Masyarakat memang menyambut bagus soal kondisi rupiah yang semakin menguat, hal ini karena beberapa bulan terakhir kodisi rupiah terus mengalami pelemahan. Dengan beberapa paket kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, perlahan namun pasti rupaih menjadi kuat. Namun, ternyata ada dampak buruknya jika nilai tukar rupiah terlalu perkasa.

Pemerintah sendiri mengaku agak khawatir mengenai kondisi penguatan rupiah yang kian berlanjut. Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden RI bahkan menyebutkan tak ingin rupiah terlalu kuat.Karena beliau merasa, bahwa ada risiko dari penguatan rupiah ini. Apakah resiko tersebut?

“Kami harus tetap menjaga di level tertentu sehingga kegiatan ekspor dan impor selalu kompetitif di negara kita,” kata Kalla saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, hari Jumat (11/3/2016) kemarin. Wapres juga memaparkan, bahwa penguatan nilai tukar rupiah yang signifikan ini bakal mie mbuat harga jual barang ekspor Indonesia jadi lebih mahal.

Dampaknya, permintaan ekspor pun berpotensi bisa menurun. Di kaaca mata lain kata Kalla, penguatan rupiah juga bakal membuat harga barang impor jadi lebih murah dari biasanya. Akibatnya, barang impor akan semakin membanjiri pasar Indonesia.

About admin