Inilah Manfaat ‘No Bra Day’

Sebagaimana yang diketahui, kalau dunia memang menetapkan ada hari tanpa bra yang dinamai dengan ‘No Bra Day’. Kaum wanita, khususnya yang sudah mengalami pubertas memang selalu memakai bra untuk melindungi payudaranya. Namun, sebenarnya tanpa memakai bra lebih lama mampu menyehatkan payudara tersebut.

Sebagai wujud dukungan Breast Cancer Awareness sedunia di Oktober, tiap tanggal 13 Oktober disuarakan juga No Bra Day atau Hari Tanpa Bra tersebut. Acara yang diawali sejak tahun 2011 silam ini mengimbau para kaum perempuan, untuk tak engenakan bra selama satu hari. Tujuannya antara lain untuk mendukung dan memberi semangat kepada para breast cancer survivor di berbagai penjuru dunia.

Kemudian, adakah manfaat dan faedahh dari tak memakai bra ni? kalau dilihat dari hasil penelitian, pemakaian bra, apalagi yang tak sesuai ukuran, malah bisa menimbulkan berbagai masalah untuk kesehatan. Padahal, dalam jangka waktu yang lama para wanita diajarkan mengenakan bra untuk menyanggah payudaranya.

Baru-baru ini, hasil penelitian yang dilakoni oleh  Profesor Jean-Denis Rouillon, dari University of Besancon, Perancis menampilkan kalau tak ada manfaaat signifikan dari penggunaan bra, payudara wanita malah bakal lebih sehat tanpa mengenakan bra yang berguna sebagai penyangga. “Dari aspek medis, fisiologis, serta anatomi, payudara tak memperoleh manfaat apapun dari “penahanan” gravitasi,” kata Rouillon.