Home / indonesia / Indonesia Butuh Pabrik Sampah, Pak Jokowi!

Indonesia Butuh Pabrik Sampah, Pak Jokowi!

Masalah sampah memang sedang dihantui oleh banyak kota besar di Indonesia. Sampah yang tidak bisa diolah memang sangat meresahkan penduduk dan juga kerap mencemari lingkungan sampai jadi penyebab utama bencana banjir. Oleh sebab itu, pemerintah harus segera membuat pabrik sampah agar masalah sampah ini segera teratasi.

Tanah untuk tempat pembuangan akhir (TPA) di Indonesia saat ini sudah kian terbatas saja. Hal ini karena, sampah plastik yang tak bisa terurai sudah memenuhi sebagian besar benda yang ditimbun. “Tidak ada cara lain untuk memusnahkan sampah plastik, sebab tidak semuanya bisa didaur ulang. Kalaupun bisa, plastik cuma bisa maksimal dua kali didaur ulang,” kata vselaku Principal EngineerĀ Sentra Teknologi Polimer Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, hari Selasa (5/4/2016) kemarin.

Hingga sekarang ini menumpuk sampah di TPA masih menjadi cara paling utama untuk menimbun sampah plastik. Tapi, Johan merasa, bahwa hal itu belum begitu efektif melihat mampu berpotensi membuat bencana.

“Apakah masih ingat bencana longsor TPA di Leuwigajah yang membuat 157 nyawa tewas, itu karena banyaknya sampah yang ditimbun,” kata Johan. “Satu-satunya cara yang paling efektif, saya rasa ialah membakar sampah. Oleh sebab itu, kami butuh pabrik sampah, Pak Jokowi!,” tandasnya.

About admin