Hipertensi Pulmonal Dapat Di Jauhi

Hipertensi Pulmonal Dapat Di Jauhi – Hipertensi pulmonal atau hipertensi paru adalah satu keadaan terjadinya desakan darah tinggi di arteri pulmonalis atau paru yang membuat jantung kanan bekerja sangat keras serta bisa menyebabkan fatal dengan cepat. Penyakit ini dikarenakan oleh terdapatnya penekanan pada paru.

Menurut pakar hipertensi paru dr Lucia Kris Dinarti, SpPD, SpJP dari RS Sardjito Yogyakarta, penyakit hipertensi paru umumnya dikarenakan oleh terdapatnya kelainan jantung bawaan pasien yang tidak terdeteksi dari lahir.

” Kelainan jantung bawaan mengakibatkan terdapatnya lubang di jantung hingga saluran darah dari bagian kanan jantung jadi terganggu. Mengakibatkan, darah akan susah mengalir ke paru-paru serta desakan pada arteri paru-paru juga bertambah. ” katanya pada Dialog Penyakit Hipertensi Paru di Raffles Hotel, Jakarta Selatan Senin (24/9/2018) .

Tanda-tanda hipertensi paru yang susah untuk dideteksi mengakibatkan penyakit ini jadi pemicu kematian tambah tinggi dibanding kanker payudara serta kanker kolorektal. Pada anak, hipertensi paru umumnya di diagnosis menjadi TBC sebab gejalanya yang serupa.

” Sering, aduan pasien itu seperti terdapatnya sesak napas yang tidak jelas, asma, susah bernapas, serta cepat capek. Pada masalah yang telah kronis, pasien dapat membiru badannya. ” tuturnya.

Oleh karenanya, dr Lucia merekomendasikan untuk selekasnya berkonsultasi ke dokter spesialis supaya perlakuan dapat dikerjakan secara cepat hingga resiko komplikasi penyakit hipertensi dapat dijauhi.