Home / kebudayaan / Di Pulau Botton, Hewan Tarsius Yang Dilindungi Berkembang Pesat

Di Pulau Botton, Hewan Tarsius Yang Dilindungi Berkembang Pesat

Sebagaimana yang diketahui, hewan Tarsius adalah hewan yang dilindungi di kawasan Indonesia. Keberadaan hewan jenis ini memang dinyatakan hampir punah dan kini Pulau Button merupakan tempat dimana hewan tersebut dikembang biakkan. Dilaporkan, di tempat tersebut Tarsius mampu berkembang pesat.

Populasi hewan yang bernama latin Tarsius spectrum di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara telah berkembang sangat bagus. Diprediksi ada sejumlah seribu ekor tarsius yang menyebar di pulau tambang aspal itu. “Kehidupan tarsius di sini sangat baik dan berkembang pesat. Populasinya di sini ada sebanyak 1.000 ekor,” ungkap Sultra Saihudin selaku Koordinator Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi SDA, hari Kamis (7/4/2016) kemarin.

Saihudin merasa bahwa, mamalia unik bermata besar tersebut tak cuma berada di dalam hutan lindung atau dalam daerah hutan konservasi. Tarsius juga hidup di luar hutan. “Kemajuannya banyak sebab tak ada yang memburu sehingga populasinya berkembang dengan pesat,” tambahnya.

Kendato begitu, penebangan pohon di hutan juga akan mengancam tempat tinggal mamalia yang dilindungi ini. Kegiatan penebangan pohon membuat tarsius harus kembali mencari tempat tinggal atau sarang yang baru.

About admin