Home / berita umum / Demo Tuntutan Sukmawati Biar Di Hukum Dari Pelosok Daerah

Demo Tuntutan Sukmawati Biar Di Hukum Dari Pelosok Daerah

Demo Tuntutan Sukmawati Biar Di Hukum Dari Pelosok Daerah – Gelombang demo Sukmawati Soekarnoputri berlangsung di beberapa daerah. Tuntutannya, polisi selekasnya mengolah hukum Sukmawati atas sangkaan penodaan agama karna puisi ‘Ibu Indonesia’.

Terkecuali di Jakarta, demo Sukmawati di gelar di Tegal, Semarang serta Solo. Di Jakarta, tindakan yang di gelar Persaudaraan Alumni (PA) 212 ini dipusatkan di muka kantor Bareskrim Polri, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (6/4/2018) .

Bergerak dari Masjid Istiqlal, massa berkumpul di muka kantor Bareskrim. Tokoh PA 212 seperti Ketum DPP PA 212 Slamet Maarif, Eggi Sudjana sampai Asma Dewi turut ada.

Penuhi dua ruas jalur, massa menyuarakan tuntutannya supaya Bareskrim cepat menindaklanjuti laporan pada Sukmawati. Sampai sekarang ini ada 11 laporan berkaitan puisi Sukmawati yang di terima polisi.

Puisi Sukmawati waktu pertama kalinya dilaporkan di Polda Metro Jaya pada Selasa (3/4) . Menyusul lalu laporan-laporan ke Bareskrim salah satunya dari PA 212 serta ACTA.

Saat beraudiensi dengan Kasubdit II Dirtipidum Bareskrim Polri Kombes Joko Purwanto, perwakilan massa PA 212 mengakui aspirasinya juga akan dilakukan tindakan.

” (Bareskrim) juga akan selekasnya mengolah ini. Dia (Kasubdit II Dirtipidum Bareskrim Polri Kombes Joko Purwanto) berjanji juga akan mengemukakan pada atasannya untuk selekasnya mengolah ini. Kita kasih batas saat tak lama, ” kata Ketum DPP PA 212 Slamet Maarif selesai pertemuan.

PA 212 mengakui memaafkan Sukmawati berkaitan puisi ‘Ibu Indonesia’ yang menyinggung syariat Islam, azan, serta cadar. Namun, mereka menginginkan sistem hukum terus jalan.

” Butuh kami tulis bila didalam ada Sukmawati kami delegasi juga akan segera keluar dari ruang. Sesama muslim kami maafkan tapi bila penghina agama diamkan hukum yang menjawab tak ada kata beda harus hukum, penjarakan, ” kata Ketua Umum DPP Persaudaraan Alumni 212 Slamet diatas mobil komando.

Bareskrim juga memohon PA 212 bersabar. Bareskrim ditegaskan menindaklanjuti laporan sangkaan penodaan agama lewat puisi yang dibacakan Sukmawati pada acara 29 Th. Anne Avantie Berkarya di Ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2018.

” Ini laporannya baru dua hari ini saja. Itu kami baru kerja ini. Sabar, kelak kami juga akan saksikan, tapi kami juga akan mintai info, ” kata Wadir Dittipidum Kombes Panca Putra selagi dihubungi detikcom, Jumat (6/4) .

Panca mengemukakan pihaknya sekarang ini juga sudah mengecek pelapor Sukmawati. Keseluruhan ada 11 pelaporan sangkaan penodaan agama pada Sukmawati di Bareskrim.

” Beberapa pelapor disuruhi info dalam rencana interview. Belum semua (disuruhi info) yang telah kami terima itu yang kami tindak lanjuti dengan memohon info pada beberapa pelapor, ” ucap Panca.

Wakapolri Komjen Syafruddin terlebih dahulu menyikapi banjir laporan berkaitan puisi Sukmawati Soekarnoputri yang di terima institusinya. Dia menyatakan kepolisian harus merespons laporan dari penduduk.

” Ya ini kan baru dilaporkan di mana-mana. Jadi ya kita tunggu. Karna ada laporan pasti Polri harus merespons laporan itu, ” kata Syafruddin, Kamis (5/4) .

Sedangkan, Kepala Bareskrim Polri Komjen Ari Dono mengatakan pihaknya juga akan menelusuri ada momen pidana dari puisi Sukmawati.

” Bila Bareskrim cuma penegakan hukum, jadi ya segi hukumnya kelak juga akan kita saksikan, ada tidak momen pidana dsb, ” kata Ari Dono.

About admin