Home / indonesia / Betulkan Pemerintah Indonesia Tak Berani Putus Kontrak PT Freeport?

Betulkan Pemerintah Indonesia Tak Berani Putus Kontrak PT Freeport?

Sebagaimana yang diketahui, bahwa kontrak PT Freeport Indonesia bakal berakhir 6 tahun lagi. Sejauh ini, belum ada tanda-tanda pihak pemerinta dan Freeport untuk memperpanjang kontrak kerja. Namun, banyak isu yang menyebut bahwa pemerintah akan memutus kontra dengan Freeport. Namun, apaka pemerintah berani mengambil langkah ekstrim tersebut?

Marwan Batubara selaku Direktur Indonesian Resources Studies merasa bahwa tak yakin pemerintahan era Joko Widodo – Jusuf Kalla berani memutusk masa kontrak karya dengan PT Freeport dalam waktu dekat. “Saya lihat berdasar dari profil pemerintah yang sekarang ini, mereka tak bakal berani memutus kontrak kerja dengan PT Freeport,” kata Marwan ketika berada di acara diskusi di bilangan Cikini, Jakarta, hari Sabtu (5/12/2015) siang WIB tadi.

Buktinya, tambah Marwan, era pemerintahan Jokowi-Kalla telah meneken soal MoU jelang renegosiasi dengan pihak PT Freeport. MoU itu mengenai komitmen Freeport yang mana antara lain adalah pembuatan smelter, divestasi saham, local content serta MoU mengenai perluasan wilayah.”Pekenekan soal MoU ini telah sebagai indikasi bahwa pemerintah kita telah kalah dengan Freeport,” tambah Marwan.

Akan tetapi, Marwan tak begitu memeprmasalahkan apakah rezim Jokowi-Kalla akan memutus kontrak tau tidak. Marwan merasa, bahwa yang penting kerjasama tak terlalu merugikan kepentingan dalam negeri dan masyarakat Indonesia.

About admin