Betulkah Pakaian Dalam Bisa Pengaruhi Kualitas Sperma?

Sejumlah orang menyebut bahwa sperma akan menjdi lebih bagus ketiga orang memakai pakaian dalam yang nyaman di pakai seperti tidak terlalu ketat, cocok dengan ukuran akan membuat produksi sperma menjadi lebih baik. Namun, betulkan anggapan yang ada tersebut? Atau salah, atau malah sebaliknya?

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa pakaian dalam pria yang ketat berpengaruh buruk terhadap kualitas sel sperma.  Anggapan itu mengklaim, bahwa celana dalam yang ketat membuat ukuran testis pria menjadi terlalu dekat ke tubuh sehingga suhunya menjadi terlalu hangat.

Padahal, temperatur yang panas sendiri dapat mengganggu produksi sperma bagi seorang pria. Kendati begitu, menurut sebuah penelitian terbaru dari National Insititute of Health, pengaruh buruk dari pakaian dalam terhadap testis ternyata tak berpengaruh pada kualitas sel sperma dalam membuahi sel telur wanita.

Penelitian tersebut menganalisis sebanyak 35 aspek kualitas sperma dari 500 pria yang tengah dalam program kehamilan dengan pasangannya. Sejumlah aspek dari kualitas sperma faktanya lebih baik pada pria yang memakai celana dalam model longgar semacam boxer, namun ada juga yang malah berpengaruh buruk.