Bangkai Paus Terdampar di Perairan Wakatobi Sulteng

Bangkai Paus Terdampar di Perairan Wakatobi Sulteng – Bangkai paus terdampar di perairan Pulau Kapota, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Yang membuat miris, isi perut bangkai paus itu berbentuk bermacam macam sampah plastik.

“Taman Nasional Wakatobi SPTN Lokasi I Wangi-Wangi terima laporan dari Staf WWF SESS terdapatnya bangkai paus yang terdampar di perairan Pulau Kapota, Resort Wangi-Wangi,” tutur Kepala Balai Taman Nasional Heri Santoso dalam keterangannya, Senin (19/11/2018).

Hari menjelaskan personil SPTN (Seksi Pengendalian Taman Nasional) Lokasi I bersama dengan WWF SESS, team dosen Akademi Komune Perikanan serta Kelautan (AKKP) Wakatobi, serta penduduk seputar lantas lakukan peninjauan lapangan pada 19 November 2018 seputar jam 08.00 Wita.

Berdasar pada hasil peninjauan lapangan, type paus yang terdampar adalah paus sperma (Physeter macrocephalus) dengan ukuran panjang kurang-lebih 9,5 mtr. serta lebar kurang-lebih 4,37 mtr.. Paus itu dalam kondisi mati serta telah mulai membusuk.

Team lantas mengidentifikasi paus sperma itu. Akhirnya, ada beberapa sampah plastik di perut paus yang telah jadi bangkai itu.

“Hasil identifikasi isi perut paus yang dikerjakan di Universitas AKKP Wakatobi diketemukan sampah plastik,” kata Heri.