Bahaya kantuk berlebihan di siang hari

Saat remaja dan dewasa memiliki perbedaan yang unik. Untuk sampai batas umur yang ditentukan yaitu umur 20 tahun memiliki tidur lebih malam dan akan bangun pada siang hari, dengan ditambahnya kehidupan akademis dan sosial seperti sekarang, membuat seseorang memiliki kekurangan untuk melakukan istirahat dan tidur. Yang diakibatkan semua itu membuat seseorang memiliki rasa kantuk luar biasa di siang hari dan melakukan tidur siang.

Untuk kantuk yang berlebihan saat siang hari membuat hal tersebut menjadi hal yang wajar dan sekarang sudah menjangkit dikalangan remaja dan orang dewasa di Indonesia tersendiri. Untuk pasien yang dirinya menganggap memiliki sleep apnea (mendengkur) atau narkolepsi mungkin memiliki Behaviorally Induced Insufficient Sleep Syndrome (BIIS).

Dan apa itu BIIS, penjelasan dari kata tersebut BIIS adalah seseorang memiliki gangguan pada tidurnya yang berakibat kantuk yang sangat waktu di siang hari, BIIS bisa mengakibatkan menurunnya kemampuan di otak dan bisa mengganggu emosi seseorang, peneliti dari Korea Selatan mengatakan prestasi yang dimiliki seseorang yang mengalami gangguan BIIS cenderung lebih rendah daripada seseorang yang memiliki jam tidur lebih teratur.

Untuk menghindari gangguan tidur (BIIS), lakukanlah tidur dengan cukup, ingatlah kurang tidur akan mengurangi kemampuan otak dan konsentrasi di otak anda. Menurunkan prestasi dan memiliki ingatan yang sangat buruk. Langkah selanjutnya adalah untuk kurangi bermain gadget, hal tersebut bisa membuat anda sulit tidur dan membuat jam tidur berkurang.