Apakah Rokok “Light” lebih aman ?

Menjadi perdebatan adalah hal yang wajar. Kasus kematian laki-laki berusia 69 tahun yang memiliki kanker mendapat perdebatan yang cukup panjang. Apakah David Bowie meninggal gara-gara merokok sejak dulu ?

David Bowie adalah pecandu rokok Gitanes pada tahun 1970, kemudian pria tersebut pindah ke rokok Marlboro Light dan pada tahun 2002 pria itu berhenti merokok. Rokok Gitanes adalah rokok merek Perancis. Banyak orang berpendapat, rokok Light merupakan rokok yang ringan, bagi orang berat yang sudah kecanduan rokok, hal itu merupakan jalan satu-satunya untuk terbebas dari perokok berat.

Dalam survei yang dilakukan oleh Universitas Pittsburgh pada tahun 2009, banyak ditemukan perokok berat akan mengganti rokok mereka dengan label Light, kemungkinan besar untuk para perokok berpindah ke rokok Light mungkin tidak memiliki dampak yang lebih buruk, survei ini menunjukan sabesar 51 persen.

Untuk rokok jenis kretek dan rokok filter pun memiliki resiko yang sama besar dan hal tersebut adalah fakta, penelitian pun berlanjut sampai tahun 2004, resiko untuk memiliki kanker paru-paru sama besarnya bagi seseorang yang merokok filter, kretek maupun rokok putih. Banyak perusahaan rokok mengeluarkan rokok yang berlebel Light disebabkan memiliki kandungan nikotin yang lebih rendah daripada rokok lalinnya.