Home / indonesia / Apa Komentar Kapolri Soal Usia Revisi UU KPK Bekerja Hanya 12 Tahun?

Apa Komentar Kapolri Soal Usia Revisi UU KPK Bekerja Hanya 12 Tahun?

Seperti kabar yang muncul saat ini, kalau kubu DPR sedang berniat untuk merevisi UU terkait KPK. Yang mana hal ini membuat banyak orang mengecam rencana dari DPR tersebut karena revisinya memang bersifat memojokkan lembaga anti rasuah tersebut. Namun, pihak kepolisian masih belum mau berkomentar terlalu jauh soal kabar ini.

Badrodin Haiti selaku Kepala Polri Jenderal beruar, kalau draf revisi undang-undang lazimnya dibuat lewat kajian yang dalam yang juga dapat dipertanggungjawabkan. Begitu juga dengan usulan beberapa fraksi lewat revisi UU soal Komisi Pemberantasan Korupsi yang mengusulkan masa kerja KPK ini hanya selama 12 tahun sejak UU itu resmi diputuskan.

“Undang-undang kan pasti ada naskah akademiknya, gagasan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga diberlakukan 12 tahun atau bisa 20 tahun, ada dasar ilimiahnya,” kata Badrodin, ketika ditemui di Gedung Bawaslu, jakpus, hari Kamis tadi.

Kendati begitu, Badrodin mengaku tak tahu sama sekali soal naskah akademik rencana revisi UU KPK ini. Dia merasa, bahwa kewenangan untuk membahas draf revisi UU KPK itu merupakan milik DPR sebagai pembentuk undang-undang, adapun pihak Polri cuma sebagai pelaksana UU itu sendiri. “Namun saya belum tahu naskah akademik itu. Jika mau tanya harus membaca naskah akademiknya dahulu,” tambah Badrodin.

About admin