Apa Kekeringan Bisa Di Cegah Bupati-Wali Kota

Apa Kekeringan Bisa Di Cegah Bupati-Wali Kota – Gubernur Ja-bar Ridwan Kamil (RK) memohon pemda aktif menghadapi kekeringan resiko musim kemarau.

“Saya telah penyelarasan dengan bupati serta wali kota untuk menghadapi kekeringan. Pemerintah mesti menegaskan supply air bersih gak terhalangi,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (3/7/2019).

RK memberi perintah Pemda menyediakan jalan keluar bila berlangsung persoalan air bersih di penduduk. Satu diantaranya dengan turunkan mobil tanki di tiap-tiap PDAM untuk memasok air bersih buat penduduk.

“Sajikan truk-truk PDAM untuk berikan air ke penduduk. Itu mesti dijalankan,” papar ia.

Tidak sekedar masalah air bersih, dia pun memperingatkan kepentingan pengairan tempat pertanian. Dia merekomendasikan banyak petani lebih mengirit pemanfaatan irigasi biar gak alami kekeringan.

“Untuk irigasi, kita akan sesuaikan setting debet air. Yg dahulu gede, kita mengatur lebih efektif, hingga persawahan-persawahan dapat dapatkan air, meskipun gak semaksimal awal mulanya,” ujar ia.

Jadi langkah memperhitungkan, Pemprov Ja-bar juga menyarankan pada pemerintah pusat untuk melaksanakan percobaan iklim. Hingga, kepentingan untuk air bersih serta irigasi terus tercukupi pada musim kemarau.

“Dahulu pun dijalankan untuk menaikkan banyaknya intensif air hujan,” kata RK.