Anak Dewi Yull Jadi Staf Khusus Presiden

Anak Dewi Yull Jadi Staf Khusus Presiden -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah memberi perhatian serius serta prioritas buat penyandang disabilitas. Bahkan juga ia telah mengambil salah seseorang penyandang disabilitas jadi staf terutamanya.

Hal tersebut dikatakan Jokowi di acara Deklarasi Calon Legislatif Wanita untuk Pemenangan Jokowi-Amin, Hotel Solitaire, Gading Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018). Jokowi menjelaskan, penyandang disabilitas yang ia rekrut yaitu Surya Sahetapy.

“Saya sebetulnya ingin meminta satu staf spesial disabilitas, telah kita seleksi,” tuturnya.

Surya adalah putra dari pasangan Ray Sahetapy serta Dewi Yull. Surya ialah penyandang disabilitas tuli.

Akan tetapi, waktu telah di terima, Surya nyatanya mendapatkan beasiswa sekolah di Amerika Serikat. Ia akan meniti pendidikan S2 serta S3.

“Saya katakan, ‘Sur, kamu sekolah dahulu sajalah di Amerika, kelak sesudah pulang langsung masuk ke staf khsusus presiden’. Saya berikan demikian, perlu waktu tuturnya sekolah mungkin empat tahun, S2, S3, ini anaknya Mbak Dewi Yull, saya duga itu,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menjelaskan jumlahnya disabilitas di Indonesia sekarang ini seputar 23 juta jiwa. Dengan angka sebesar itu dibutuhkan sarana yang baik untuk mendukung beberapa disabilitas.

“Baik transportasi yang ramah disabilitas, baik trotoar ramah disabilitas, baik toilet, gedung ramah disabilitas, faktanya baru 1-3 kota yang ramah disabilitas,” kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi menjelaskan jika pembangunan sarana buat disabilitas adalah pekerjaan besar serta harus dikerjakan.

“Yang sangat terpenting buat saya bagaimana memberi ruangan agar bisa akses ekonomi, terpenting sekali, oleh karenanya pelatihan-pelatihan dengan kita hubungkan dengan industri-industri untuk mempekerjakan minimum 5 %,” tuturnya.