aksi Formula 1 kembali berlanjut di Suzuka, Jepang

Ferrari kembali melakukan minggu yang susah di Malaysia. Walau terlihat tampak lebih kuat dibanding Mercedes, scuad Maranello itu mesti terganggu oleh problem mekanis.

Vettel yg tidak dapat lengah sedikit juga mulai sejak alami insiden di Singapura, malah tertimpa drama reliabilitas di peristiwa kunci kwalifikasi.

Sesaat rekanan setimnya, Kimi Raikkonen, dapat meletakkan satu mobil scuad ‘Kuda Jingkrak’ di barisan paling depan. Tetapi mendekati formasi grid sebelumnya start, giliran pembalap Finlandia itu yang terserang problem mesin.

Vettel melakukan balapan yang impresif untuk finish ke-4 walau mesti start dari belakang. Namun hasil itu kurang untuk membendung kompetitor terberatnya, Lewis Hamilton, yang melebarkan jarak kelebihannya di klassemen.

Tak ada saat jarak, sirkus F1 kembali berlanjut di lokasi Asia. Minggu ini, tindakan mobil ‘jet darat’ juga akan dapat kembali kita saksikan di circuit Suzuka, Jepang. Circuit ini cukup unik karna adalah hanya satu di kalender F1 yang mempunyai konfigurasi berupa seperti angka 8.

Circuit ini jadi favorite beberapa besar pembalap. Terlebih dengan himpunan tikungan menantang yang lengkapi bidang pertama Suzuka. Atau tikungan 130R sebagai momok pembalap terdahulu.

Suzuka juga kental dengan histori. Siapa yang tidak paham dengan insiden kecelakaan yang melibatkan dua pembalap tim McLaren, Ayrton Senna serta Alain Prost, pada 1989. Atau kecelakaan dramatis mereka di tikungan pertama pada 1990.

Selama histori F1, telah ada 13 titel juara dunia yang ditetapkan di GP Jepang. Walau musim 2017 akan tidak masuk dalam daftar itu, Hamilton juga akan selangkah lebih dekat dengan mahkota juara dunianya yang ke-4 bila ia berhasil menang di Suzuka minggu ini.

Dibuat jadi tempat tes mobil-mobil Honda, pabrikan asal Jepang itu cuma dapat menang 2 x jadi pemasok mesin, pada 1988 serta 1991. Ironisnya, dua kemenangan itu mereka capai waktu jadi partner McLaren.

Beberapa pembalap juga akan mulai penyesuaian pertama mereka dalam session Latihan Bebas 1 yang juga akan berjalan pada Jumat (6/10), mulai jam 08 : 00 WIB. Sesudah jarak makan siang, pembalap juga akan melakukan simulasi putaran panjang dalam Latihan Bebas 2 yang berjalan pada jam 12 : 00 WIB.

Hari Sabtu (7/10) di buka dengan Latihan Bebas 3, mulai jam 10. 00 WIB serta dilanjutkan dengan pemilihan tempat pole serta grid start lewat tiga sesi kwalifikasi yang juga akan berjalan mulai jam 13. 00 WIB.

Lantas besok harinya, moment paling utama balapan GP Jepang juga akan di gelar pada hari Minggu (8/10) mulai jam 12. 00 WIB.